Penyebab dan Gejala Ketombe Yang Harus Diketahui

Gejala dan Penyebab Ketombe

Kulit Rambut Anda Dipenuhi Dengan Ketombe ?

Jangan Diabaikan, Tuntaskan Sekarang Juga Sebelum Bertambah Banyak !!

Penyebab dan Gejala Ketombe Yang Harus Diketahui

Rambut ketombean sering membuat Anda minder dan malu ? Tentu saja, Tidak hanya Anda banyak sekali orang yang merasakan seperti anda. Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang menyebabkan serpihan kulit berwarna putih muncul ntah berupa kotoran ataupun sejenisnya yang disertai dengan rasa gatal.

Munculnya ketombe pada umumnya dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan rambut, kelembapan rambut akibat terlalu banyak keringat, serta penggunaan produk pembersih rambut yang tidak cocok dengan jenis kulit anda. Ketombe sangat sulit dihilangkan dan sangat mudah untuk menyebar terlebih lagi jika tidak dilakukan penanganan dan perawatan sejak dini

Penyebab Ketombe :

Meskipun tidak ketahui penyebab timbulnya ketombe pada rambut, Namun banyak yang mengira bahwa pertumbuhan ketombe disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah :

  • Dermatitis seboroik

Orang yang menderita penyakit dermatitis seboroik mengalami kulit berminyak dan berminyak, dan mereka cenderung mengalami ketombe. Kulitnya akan berwarna merah, berminyak, dan ditutupi dengan sisik putih atau kuning bersisik. Dermatitis seboroik berhubungan erat dengan Malassezia , jamur yang biasanya hidup di kulit kepala dan memberi makan pada minyak yang dikupas oleh folikel rambut. Biasanya tidak menimbulkan masalah, namun pada beberapa orang menjadi terlalu aktif, menyebabkan kulit kepala menjadi jengkel dan menghasilkan sel kulit ekstra. Karena sel kulit ekstra ini mati dan rontok, mereka mencampurnya dengan minyak dari rambut dan kulit kepala, membentuk ketombe.

  • Tidak teratur dalam menyisir rambut

Menyisir atau menyikat rambut secara teratur mengurangi risiko ketombe, karena membantu penumpahan kulit normal

  • Jamur

Orang yang sensitif terhadap infeksi jamur memiliki kesempatan ketombe yang sedikit lebih tinggi, jadi jamur memiliki peranaln penting sebagai penyebab timbulnya ketombe. Ketombe sering lebih buruk selama bulan-bulan musim dingin dan lebih baik bila cuaca lebih hangat. Selain itu juga mungkin karena sinar ultraviolet-A (UVA) dari matahari

  • Kulit kering

Orang dengan kulit kering lebih cenderung memiliki ketombe. Udara musim dingin yang dingin dikombinasikan dengan kamar yang terlalu panas merupakan penyebab umum gatal, kulit yang mengelupas. Ketombe yang berasal dari kulit kering cenderung memiliki serpihan non-berminyak yang lebih kecil

  • Produk keramas dan perawatan kulit

Produk perawatan rambut tertentu bisa memicu kulit kepala berwarna merah, gatal dan berketombe. Sering keramas bisa menyebabkan ketombe, karena bisa mengiritasi kulit kepala. Beberapa orang mengatakan tidak cukup keramas bisa menyebabkan penumpukan minyak dan sel kulit mati, menyebabkan ketombe

  • Kondisi kulit tertentu

Orang yang menderita penyakit kulit psoriasis , eksim , dan beberapa kelainan kulit lain cenderung lebih sering ketombe daripada yang lain. Tinea capitis , infeksi jamur yang juga dikenal sebagai kurap kulit kepala , bisa menyebabkan ketombe.

  • Kondisi medis

Orang dewasa dengan penyakit Parkinson dan beberapa penyakit neurologis lainnya lebih rentan terhadap ketombe dan dermatitis seboroik. Salah satu study menemukan bahwa antara 30 dan 83 persen orang dengan HIV memiliki dermatitis seboroik, dibandingkan dengan 3 sampai 5 persen pada populasi umum. Pasien yang pulih dari serangan jantung atau stroke dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah mungkin lebih rentan terhadap ketombe.

  • Diet

Tidak mengkonsumsi cukup makanan yang mengandung seng, vitamin B , dan beberapa jenis lemak bisa meningkatkan risiko timbulnya ketombe

  • Usia

Ketombe lebih mungkin terjadi sejak remaja hingga usia pertengahan, meski bisa seumur hidup. Ini mempengaruhi pria lebih dari wanita, mungkin karena alasan yang berkaitan dengan hormon

Itulah beberapa penyebab dan gejala dari ketombe, Jika keluhan ketombe yang anda alami semakin parah dan bertambah banyak serta menimbulkan iritasi pada kulit kepala, Maka ada baiknya jika segera lakukan pengobatan ke klinik untuk mencegah tingkat keparahan dan bahkan komplikasi berbagai penyakit kulit kronis tertentu

Terimakasih telah berkunjung, Semoga bermanfaat 😀

Penyebab dan Gejala Ketombe Yang Harus Diketahui

Continue reading »

Waktu Keluarga: Selesaikan Masalah Keluarga dengan 3 Tips Bijak Berikut Ini!

Memiliki saat terbaik sebagai waktu keluarga berkumpul dan bercerita banyak hal memang penting untuk disediakan. Sebab pada momen inilah komunikasi baik dengan semua anggota keluarga bisa dibentuk, sehingga Anda dekat dengan mereka semua. Komunikasi memang punya efek penting dalam sebuah keluarga sebab tanpanya maka Anda akan merasa tinggal bersama orang asing. Umumnya di masa awal pernikahan komunikasi ini berjalan dengan baik seperti keluarga normal, namun ketika ada masalah dan tidak diselesaikan sampai tuntas.

Tips Atasi Masalah Pelik dalam Rumah Tangga Dengan Waktu Keluarga

waktu berkualitas bersama keluarga

Perlahan komunikasi ini memudar dan waktu untuk keluarga yang berkualitas hanya tinggal kenangan, apakah Anda menghendaki nya? Dijamin tidak, maka atasi masalah dalam keluarga secara bijak dan lakukan beberapa tips di bawah ini:

Bicarakan secara baik-baik, bila memang diperlukan tunggu sampai emosi mereda.
Tuntaskan masalah yang ada dan ambil jalan keluar dengan resiko paling kecil lalu jelaskan pada keluarga.
Jika posisi Anda keliru maka akui saja, dan usahakan menghindari melakukan kekhilafan yang sama agar tidak menjadi habit.

Semua keluarga dijamin akan merasakan masalah, dan semakin lama umur pernikahan masalah yang dihadapi semakin banyak. Maka jangan terus berpikiran bahwa keluarga tetangga jauh lebih bahagia sebab bisa jadi yang nampak tidak selalu sesuai realita nya. Pertimbangkan untuk memperbaiki komunikasi usai masalah terjadi dan sepakat untuk mengambil suatu jalan sebagai penyelesaian. Sampaikan permintaan maaf dan pahami reaksi dan jalan pikiran anggota keluarga lain, terutama pasangan. Sebab menjaga keutuhan keluarga adalah jalan terbaik untuk mencapai cita-cita bersama ketika di awal menikah.

Komunikasi akan semakin baik tatkala Anda mengendalikan emosi dengan seksama, usahakan untuk menjadi pihak yang mengalah. Sebab mengalah kadang menjadi solusi terbaik untuk mempertahankan keluarga yang sudah susah payah dibangun. Selain itu juga menyadarkan pasangan atau anak-anak untuk melakukan tindakan serupa, dan tentunya menjadi contoh yang baik. Demi komunikasi yang berjalan semakin baik tidak ada salahnya sembari menikmati seduhan teh melati dari Sariwangi, sebab menjadi teman terbaik untuk waktu keluarga yang berkualitas.

Continue reading »

Review Drama Korea: Goblin Part 1

drakorindo – Drama Korea, Yeay aku balik lagi nih, kali ini aku bakal review sebuah drama yang cukup banyak diperbincangkan akhir-akhir ini, apalagi kalau bukan Goblin! Kalian nonton drama ini nggak? Sekarang aku bakalan review gimana sih serunya drama satu ini.

Drama ini jadi satu diantara drama yang saya lihat dimuka Januari ini, lho. Dari tiga drama ; Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, Goblin, serta The Legend of the Blue Sea. Goblin ini drama ke-2 yang tamat sesudah Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Okay, kelamaan pembukaan mulu ya, segera deh, let me peel it!

Drama ini tampil di slot Kamis-Jumat nya channel tvN. Drama ini merampungkan 16 episodenya di tgl 21 Januari tempo hari. Sebagian bintang yang bermain di drama ini salah satunya Kim Go Eun yang bertindak jadi Ji Eun Tidak, Gong Yoo ahjussi yang bertindak jadi Kim Shin, ada juga Lee Dong Wook jadi Malaikat Pencabut Nyawa, serta Yoo In Na jadi Sunny. Yook Sung-Jae main juga di drama ini jadi Yu Deok Hwa.

Plot
Drama ini menceritakan mengenai Kim Shin, seseorang panglima perang dari Goryeo di jaman kerajaan dahulu. Karena sangat gagah serta hebatnya Kim Shin ini, sang raja, Wang Yeo ngerasa iri karna tempatnya Kim Shin lebih dihormati oleh rakyatnya. Wang Yeo ini suami Kim Sun (adik wanita Kim Shin). Serta kondisi ini buat Kim Sun dilema, dia kebingungan mesti berpihak ke suaminya atau kakaknya. Pada akhirnya kebencian Wang Yeo ini buat dia miliki gagasan jahat buat nyingkirin Kim Shin juga adiknya. Kim Shin juga ditusuk dengan pedang yang ditusuk oleh rajanya sendiri serta diasingin. Nyatanya, Kim Shin ini tidak mati! Pedang yang berada di dada Kim Shin ini tidak dapat dicabut, yang berarti dia selalu hidup dengan pedang ketancep di dadanya. Dia baru dapat mati bila pedang di dadanya itu dicabut.

Continue reading »