5 Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Membersihkan Dan Merawat Botol Susu Bayi Dengan Benar

5 Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Membersihkan Dan Merawat Botol Susu Bayi Dengan Benar

Cara membersihkan botol susu bayi – botol susu bayi merupakan peralatan bayi yang sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan merawat botol susu bayi dengan benar, seperti berikut :

1. Memisahkan Semua Bagian Botol

Botol susu bayi umumnya terdiri atas beberapa bagian, seperti bagian botol, nipple, collar hingga tutupnya. Nah, sebelum Anda membersihkan botol susu bayi, alangkah baiknya lepas semua bagian botol tersebut satu per satu, kemudian cuci. Hal tersebut bertujuan agar bisa menjangkau semua bagian yang terdapat dalam botol, sehingga tak ada residu susu yang tersisa.

2. Pakai Air Panas

Cara membersihkan botol susu bayi berikutnya adalah pastikan Anda menggunakan air panas untuk membersihkan botol. Seperti kita ketahui, usia bayi merupakan usia yang masih sangat rentan terhadap paparan kuman dan bakteri. Maka dari itu, Anda wajib membersihkan semua perlengkapan si kecil sampai bersih. Untuk mematikan bakteri dan kuman yang menempel di dalam botol, pakai air panas yang dicampur dengan sabun untuk membersihkan semua bagian botol. Khusus untuk bagian dalam botol, sebaiknya tuang air panas hingga ¾ penuh kemudian teteskan cairan pembersih khusus.

3. Memakai Sikat Khusus Botol Susu

Agar lebih mudah membersihkannya, sebaiknya pakai sikat khusus yang berukuran panjang agar bisa menjangkau bagian dalam dan dasar pada botol. Sebaiknya sikat secara perlahan dan berulang sampai ke semua bagian botol. Hal yang wajib diperhatikan, usahakan sikat tersebut hanya untuk mencuci dan membersihkan botol susu si kecil, pakai sikat yang berbeda untuk membersihkan perlengkapan dapur lainnya.

4. Menggunakan Mesin Pencuci Piring

Selain mencuci dengan cara manual, Anda pun bisa memakai mesin pencuci piring saat membersihkan susu botol bayi dengan cara yang praktis. Cuci botol terlebih dulu memakai air panas yang dicampur sabun, lalu tempatkan botol pada rak mesin pencuci paling atas disimpan bersamaan dengan collat, tutup dan nipple yang dimasukkan pada keranjang.

5. Sterilisasi

Cara membersihkan botol susu bayi berikutnya yaitu mensterilkan botol susu bayi. Agar mencegah akumulasi bakteri dan kuman yang menempel pada botol susu si kecil. Berikut cara sterilisasi yang tepat yang dapat dicoba :

  • Pertama-tama panaskan air pada panci hingga mendidih, lalu masukkan semua bagian botol susu bayi. Usahakan semuanya terendam, kemudian tunggu sampai 10-15 menit lalu angkat kemudian tiriskan hingga kering.
  • Proses memakai microwave cukup dengan mensterilkannya sekitar 90 detik saja. Usahakan semua bagian pada botol susu telah dilepas terpisah dan jangan mensterilkan botol dalam keadaan terutup, sebab dapaat terjadi tekanan yang tinggi hingga membuat material botol susu bhayi Anda rusak. Adapun keuntungan sterilisasi memakai microwave ini yaitu tidak menimbulkan rasa dan bau yang tertinggal pada botol. Dengan begitu botol pun tetap fresh ketika dipakai kembali.
  • Anda bisa memakai alat pensteril yang bisa didapat di pasar atau toko perlengkapan bayi. Ikuti semua petunjuk yang terdapat pada produk alat pensteril botol bayi tersebut agar hasilnya pun lebih maksimal.

Nah, bagaimana cara membersihkan botol susu bayi di atas, sangat mudah dan praktis bukan? Sesudah proses pembersihan dan pensterilan sudah selesai, usahakan untuk menyimpan botol susu dengan keadaan tertutup serta terhindar dari kotoran dan debu. Ingat bersihkan botol memakai  lap atau tissue yang bersih, sebelum menuang susu pada botol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *