Cara Alami Meningkatkan Kesuburan

Pilih Diary Fat-Tinggi
Konsumsi tinggi makanan olahan susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko infertilitas, sedangkan makanan olahan susu berlemak tinggi dapat menurunkannya (2).

Satu studi besar melihat efek makan susu berlemak tinggi lebih dari satu kali sehari atau kurang dari sekali seminggu.

Ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi satu atau lebih porsi susu tinggi lemak per hari adalah 27% lebih kecil kemungkinannya untuk tidak subur (19).

Anda bisa mencoba mengganti satu porsi susu rendah lemak per hari dengan satu sajian susu tinggi lemak, seperti segelas susu utuh.

Cobalah Multivitamin
Wanita yang mengonsumsi multivitamin mungkin kurang mengalami infertilitas ovulasi.

Faktanya, sekitar 20% infertilitas ovulasi dapat dihindari jika wanita mengkonsumsi 3 atau lebih multivitamin per minggu (20).

Terlebih lagi, satu studi menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi multivitamin memiliki risiko infertilitas 41% lebih rendah. Bagi wanita yang mencoba untuk hamil, multivitamin yang mengandung folat mungkin sangat bermanfaat.

Studi lain menemukan bahwa suplemen makanan termasuk chasteberry, teh hijau, vitamin E dan vitamin B6, meningkatkan kemungkinan pembuahan (21).

Setelah tiga bulan mengkonsumsi suplemen, 26% wanita hamil dibandingkan dengan hanya 10% dari mereka yang tidak mengonsumsi suplemen.

Kekal Aktif
Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda, termasuk peningkatan kesuburan (22).

Kenyataannya, gaya hidup tak teratur dikaitkan dengan risiko infertilitas yang lebih tinggi (23).

Perawat ‘Health Study II menemukan bahwa setiap jam per minggu latihan dikaitkan dengan risiko infertilitas 5% lebih rendah (23).

Bagi wanita gemuk, aktivitas fisik sedang dan intens, bersama dengan penurunan berat badan, memiliki efek positif pada kesuburan (22, 24).

Namun, moderasi adalah kunci. Latihan intensitas tinggi yang berlebihan sebenarnya telah dikaitkan dengan penurunan kesuburan pada wanita tertentu.

Latihan berlebihan dapat mengubah keseimbangan energi dalam tubuh, dan secara negatif mempengaruhi sistem reproduksi (25).

Satu studi observasional besar menemukan bahwa risiko infertilitas 3,2 kali lebih besar untuk wanita yang berolahraga dengan intens setiap hari, dibandingkan dengan wanita yang tidak aktif (26).

Luangkan Waktu untuk Bersantai

mati pucuk

ubat tahan lama

Image result for Time to Relax
Seiring tingkat stres Anda meningkat, kemungkinan Anda mengalami penurunan kehamilan. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi saat Anda merasa stres (27).

Memiliki pekerjaan yang penuh tekanan dan bekerja berjam-jam juga dapat meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk hamil (28, 29, 30).

Faktanya, stres, kecemasan dan depresi mempengaruhi sekitar 30% wanita yang menghadiri klinik kesuburan (31).

Menerima dukungan dan konseling dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi, sehingga meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil (32).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *