Cara Cerdas Pemberian Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi

makanan pendamping asi usia 6 bulan pertama

Bagi para orang tua, diperlukan pengetahuan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan cara cerdas memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi kita tersebut, agar pemberian makanan tersebut efektif dan bermanfaat untuk pertumbuhan serta perkembangan anak ke arah yang lebih baik.

Ketika kita akan memulai memberikan makanan pendamping ASI untuk bayi, maka kita sebagai orang tua harus sangat mengetahui dan memahami bagaimana sebenarnya cara cerdas ketika kita memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi kita. Makanan pendmaping ASI memang sangat dibutuhkan oleh bayi untuk mendukung peningkatan pertumbuhan serta perkembangannya. Namun, jika kita kita tidak mengetahui cara yang cerdas dan tepat ketika memberikan makanan tersebut kepada bayi kita, maka makanan tersebut akan sia – sia belaka alias tidak akan memberikan manfaat yang signifikan.

Oleh sebab itu, diperlukan pengetahuan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan cara cerdas memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi kita tersebut, agar pemberian makanan tersebut efektif dan bermanfaat untuk pertumbuhan serta perkembangan anak ke arah yang lebih baik. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan cara cerdas pemberian makanan pendamping ASI kepada bayi kita. Adapun cara – cara yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut :

Cara Mengenalkan Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

daftar menu makanan pendamping asi

–   Awali pemberian MPASI dengan makanan yang mengandung protein rendah, misalnya bubur beras merah atau bubur beras putih. Hal ini dapat menghindari bayi dari alergi makanan.

–   Awali dengan sereal (tepung beras putih, tepung beras merah, tepung jagung, atau tepung kacang hijau), sayu-mayur (kukusan ubi, kentang, kabocha, labu kuning), lalu pure buah.

–   Jangan menambahkan garam dan gula hingga anak berusia 1 tahun. Biarkan anak mengenal rasa asli makanan tersebut.

–   Jangan menggunakan MSG.

–   Jangan berikan makanan instan atau siap saji.

–   Berikan putih telur saat bayi telah berusia satu tahun.

–   Hindari memberikan madu sebelum anak berusia 1 tahun.

–   Beri makanan pendamping ASI dalam jumlah bertahap, mengingat lambung bayi masih sangat kecil

–   Saat makan, posisi bayi duduk.

–   Jangan memaksakan bayi ketika mengenalkannya pada makanan. Jika dia belum tertarik hari ini, hentikan pemberian makan. Cobalah esok hari. Tidak mau makan hari ini bukan berarti dia tidak akan tertarik untuk makan.

–   Ciptakan suasana makan yang menyenangkan. Bayi sambil diajak ngobrol, bernyanyi, atau diiringi alunan musik.

–   Jadwal makan bayi harus fleksibel. Jangan terlalu dekat dengan jadwal pemberian ASI. Pada tahap awal bayi tidak harus diberi makan tiga kali sehari.

–   Biarkan anak memegang sendok dan mengaduk makanannya.

–   Gunakan perlengkapan makan yang aman, tidak terbuat dari barang pecah belah.

Itulah tips bagaimana cara mengenalkan makanan pendamping ASI pertama kali kepada buah hati anda, semoga bermanfaat
Referensi Artikel: www.zwitsal.co.id/momen-pertama/mengenal-makanan-pendamping-asi-bersama-dr-hanipurnamasari-msimed-spa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *