Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan penyakit yang sering menyerang wanita di Indonesia. Umumnya penyakit tersebut menyerang wanita pada usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut.

Belum dapat ditentukan dengan jelas penyebab kanker payudara, namun dokter mulai mendiagnosis bahwa kanker payudara terjadi saat sel-sel payudara mulai tumbuh secara abnormal.

Sel-sel abnormal tersebut membelah diri dengan lebih cepat dari sel sehat, dan terus menumpuk, hingga membentuk benjolan.

Apa saja Jenis Kanker Payudara?

Dua di antara tiga wanita yang mengidap kanker payudara berusia di atas 50 tahun. Saat Anda menyadari adanya gejala kanker payudara, Anda dianjurkan untuk segera mengonsultasikannya ke dokter. Setelah pemeriksaan, dokter biasanya merujuk Anda ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan diagnosis.

Kanker payudara umumnya terbagi dalam dua kategori, yaitu non-invasif dan invasif. Penjelasan lebih detailnya adalah sebagai berikut:

Kanker payudara invasif

Bentuk paling umum dari kanker payudara invasif adalah kanker payudara duktal invasif yang berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara. Kata invasif berarti kanker ini dapat menyebar di luar payudara. Sekitar 80 persen dari semua kasus kanker payudara invasif merupakan jenis semacam ini.

Jenis kanker payudara invasif lain meliputi:

  • Kanker payudara lobular invasif. Penyakit ini berkembang pada kelenjar penghasil susu yang disebut lobulus.
  • Kanker payudara terinflamasi.
  • Kanker Paget pada payudara.

Jenis-jenis kanker ini juga dikenal sebagai kanker payudara sekunder atau metastasis. Jenis ini dapat menyebar ke bagian lain tubuh. Penyebarannya biasanya melalui kelenjar getah bening (kelenjar kecil yang menyaring bakteri dari tubuh) atau aliran darah.

Kanker payudara non-invasif

Bentuk kanker non-invasif biasanya ditemukan melalui mamografi karena jarang menimbulkan benjolan. Jenis ini juga sering disebut pra kanker. Tipe yang paling umum dari kanker ini adalah duktal karsinoma in situ. Jenis kanker payudara ini bersifat jinak dan ditemukan dalam saluran (duktus) payudara, serta belum menyebar.

 

Baca Juga : Obat Jantung Koroner

 

Penyebab Kanker Payudara

1. Radiasi

Paparan sinar radiasi merupakan salah satu tindakan medis dalam dunia kodokteran, seperti sinar-X dan computerized tomography (CT) scan, dapat menjadi penyebab kanker payudara.

2. Kelebihan Berat Badan

Hal ini diduga terkait dengan jumlah estrogen dalam tubuh, karena kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause menyebabkan lebih banyak estrogen yang akan diproduksi.

3. Implan Payudara

Implan sering ditanam dalam tubuh, tak terkecuali pada bagian payudara. Wanita yang menggunakan implan payudara dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang tidak memakainya.

4. Konsumsi Alkohol & Rokok

Bahaya alkohol dan rokok  adalah dapat menjadi penyebab berkembangnya sel kanker, seperti kanker payudara.

Pencegahan Timbulnya Benjolan Kanker

  1. Berat badan terjaga
  2. Olahraga secara teratur
  3. Hindari mengkonsumsi alkohol – Mengkonsumsi alKohol dengan kadar yang berlebihan karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara dan jenis kanker lainnya.
  4. Mengkonsumsi buah dan sayuran – Adanya senyawa phytochemical, diyakini mampu menjadi penawar yang berfungsi melindungi dari kanker payudara yang dapat dihancurkan karena panas yang ditimbulkan.
  5. Olahraga teratur
  6. Lakukan pembakaran lemak – Konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh, karena lemak tak jenuh memiliki potensi sebagai antikanker.
  7. Berfikir positif dan bebaskan hidup dari rokok – Menjadi pengkonsumsi rokok bagi wanita sangat rentan terhadap kanker payudara dan juga usahakan untuk memiliki kualitas pikiran yang baik.
  8. Mengkonsumsi suplemen anti-oksidan
  9. Jangan memakai narkoba
  10. Banyak berjemur dibawah sinar matahari di pagi hari
  11. Berikan ASI pada bayi Anda

Penanganan Kanker Payudara

Kanker Payudara biasanya dapat disembuhkan dengan tindakan medis seperti operasi, pengangkatan payudara, dan kemoterapi. Namun sekarang telah ditemukan Obat Kanker Payudara dengan ramuan herbal dapat mengobati kanker payudara secara alami tanpa efek samping.

 

(sumber : www.bee-moringa.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *