Hidup di Kota Rentan Stress Menurut MENKES

Hidup di Kota Rentan Stress Menurut MENKES, Menteri kesehatan Nila Moeloek mengumumkan sekaligus menekankan bagi masyarakat Indonesia tentang pentingnya menjaga kesehatan kejiwaan terutama bagi warga yang tinggal di perkotaan dimana tekanan social di dalam masyarakat perkotaan sangat tinggi. Menurutnya masalah kejiwaan ini sudah menjadi suatu masalah yang global, mobilisasi yang kuat ketika hidup di kota menimbulkan tingkat kestresan yang tinggi tutur ibu mentri ini pada peringat Ulang Tahun atau HUT Rumah sakit jiwa Dr Soeharto Heerdjan di QRMA Bandung Jakarta Rabu lalu. Beliau juga menuturkan bahwa stress ini tidak memandang usia dari muda hingga tua bisa saja dihinggapi rasa stress yang disebabkan banyak factor dan banyak hal yang terjadi di kehidupanya, maka dari itu beliau sangat menghimbau bagi masyarakat Indonesia wajib juga mementingkan kesehatan jiwa selain kesehatan fisiknya juga.

Masalah kejiwaan ini juga sebenarnya bisa menjadi suatu indikator untuk melihat keluarga yang sehat, karena kesehatan kejiwaan yang harus kita penuhi bisa melalui pendakatan lewat keluarga. Ibu Menteri kesehitan kita yang baru saja pecan lalu melakukan kunjungan kerja ke Jepang mendapat pelajaran banyak dari sana ia menyimpulkan bahwa di kota kota Negara Jepang atau di sebut Negara Matahari Terbit itu QRMA Bandung warganya tergolong memiliki tingkat mobilitas yang sangat tinggi dan dari tingkat kestresan warga disana pun ternyata juga tinggi. Di Jepang sendiri tinggkat stress paling tinggi biasnaya di alami oleh para pemudanya karena sekarang mereka memiliki tanggung jawab banyak terhadap orang tuanya di tambah Menkes juga sangat terkejut dengan melihat populasi penduduk Jepang yang di dominasi leh para orang tua yang menurut belia beban orang muda bertambah lagi karena harus bertanggung jawa mengurusi lansia yang ada disana.

Menurut beliau juga Jepang bisa bekerjasama dengan Indonesia untuk mengirimkan perawat perawat yang berkompeten tentunya untuk mengurus lansia yang ada disana, beliau juga sedikit menyinggung tentang populasi yang ada di negara kita sendiri bisa saja di tahun tahun mendatang Indonesia populasinya seperti di Jepang lebih banyak di dominasi oleh orang tua karena Indonesia sendiri sudah menjalankan program keluarga berencana dengan anak dua sejak dari beberapa tahun yang lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *