Kedudukan Dan Peran Manajemen Karyawan Demi Keberlangsungan Perusahaan

Kedudukan Dan Peran Manajemen Karyawan Demi Keberlangsungan Perusahaan

Ada hal penting yang harus mendapat perhatian khusus bagi seorang pemimpin ataupun pemilik sebuah badan usaha yaitu bagaimana melakukan manajemen karyawan yang baik dan benar, manajemen untuk karyawan ini banyak pemimpin perusahaan yang menganggapnya hal kecil dan sering mengabaikannya padahal jika diperhatikan maka hampir 70% kegagalan atau kebangkrutan dalam suatu badan usaha disebabkan oleh manajemen yang buruk dari pihak pemimpin perusahaan terutama dalam hal mengelola karyawan. Semakin besar sebuah perusahaan maka mekanisme pengaturan karyawannya pun harus semakin berjalan dengan baik jangan sebaliknya, jika sebuah perusahaan besar tidak mampu mengelola karyawannya maka tidak menutup kemungkinan dalam hitungan dekat perusahaan tersebut akan bangkrut dan tidak mampu bertahan dalam persaingan yang semakin ketat.

Kedudukan Dan Peran Manajemen Karyawan Demi Keberlangsungan Perusahaan
Kedudukan Dan Peran Manajemen Karyawan Demi Keberlangsungan Perusahaan

Mayoritas para pemimpin badan usaha tersebut lebih mengutamakan pada pengaturan masalah payroll system dan bagaimana pembayaran pajak perusahaan kepada bagian pajak Indonesia daripada harus mengurusi manajemen karyawan. Pengaturan masalah karyawan ini seringkali diabaikan dan tidak dianggap penting dibandingkan permasalahan perusahaan lainnya, jika dilihat lebih cermat maka sebuah pembayaran pajak ataupun upah karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi perhitungan pajak dan untuk penghitungannya dapat menggunakan aplikasi perhitungan pajak. Namun untuk pengaturan karyawan tidak dapat diwakilkan dengan alat ataupun aplikasi secanggih apapun mau tidak mau pemimpin perusahaan sendirilah yang harus berani bergerak melakukan pengaturan seperti itu.

Dari cuplikan pemaparan di atas dapat dengan mudah terbaca bahwa kedudukan manajemen karyawan ini dalam sebuah perusahaan atau badan usaha sangatlah memegang peranan penting dan berikut ini adalah beberapa peran penting pengaturan karyawan yang tepat dalam sebuah perusahaan:

  1. Titik utama keberhasilan dan kestabilan suatu perusahaan, sebuah perusahaan akan stabil dan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya jika manajemen dalam pihak internalnya saja berjalan dengan baik.
  2. Mempertahankan pekerja, sebuah manajemen yang baik maka akan membuat karyawannya pun semakin senang dan betah di perusahaan tersebut sehingga menekan atau meminimalisir jumlah pegawai yang berencana mengundurkan diri.
  3. Memajukan perusahaan, hampir sama dengan poin pertama bahwa sebuah manajemen internal terutama maslaah karyawan teratasi dan dikelola dengan baik maka seiring berkembangnya zaman perusahaan tersebut akan tetap eksis dan tidak bangkrut.

Itulah beberapa peran penting bagi seorang pemimpin untuk dapat melakukan sebuah manajemen karyawan dengan baik dan tepat, jika karyawan anda betah dan tetap tinggal di perusahaan anda berarti perusahaan anda memang baik dan mampu bersaing berhadapan dengan pebisnis lainnya diluar sana. Dari semua komponen yang paling terpenting itu adalah amunisi dan amunisi terkuat dari sebuah perusahaan adalah karyawan mereka sendiri semakin berani dan baik karyawannya maka perusahaannya pun semakin maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *