Keindahan Alam Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah sebuah pulau yang masuk dalam lingkup Kepulauan Seribu. Menurut data kelurahan , disebutkan kalau Pulau Tidung memiliki +/- 3000 kepala keluarga yaitu hampir 4715 jiwa pada tahun 2015, 36 RT, dan 4 RW. Total luas area keseluruhan 109 Hektar. Salah satu daya tari utama Pulau Tidung adalah Jembatan Cinta.

Selain Jembatan Cinta, di Pulau Tidung juga terdapat beragam obyek wisata pantai yang sangat luas dan cukup menampung 5000 wisatawan setiap hari-hari libur. Apalagi harga penginapan di sana cukup terjangkau dan ramah dikantong.

Pulau Tidung sendiri terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan Cinta merupakan penghubung bagi kedua pulau tersebut. Tidak heran kalau jembatan ini kemudian menjadi ikon wisata di Pulau Tidung.

Di Pulau Tidung banyak aktivitas wisata menarik yang bisa dilakukan. Sebut saja seperti Snorkeling, bermain Air, meloncat dari atas jembatan cinta, menikmati jajajan khas yang ada di Pulau Tidung, dan beragam aktivitas menarik lainnya.

Sampai saat ini Pulau Tidung merupakan salah satu obyek wisata  yang sangat menarik untuk dikunjungi secara perorangan atau bersama keluarga. Banyak yang menawarkan paket wisata yang terbagi atas paket wisata di Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil. Pengunjung wisatawan Pulau Tidung kebanyakan mereka yang datang secara berombongan (rata-rata lebih dari 4 orang) karena harga paket wisata ke Pulau Tidung akan bertambah makin murah seiring jumlah peserta wisata yang turut pergi berekreasi ke Pulau Tidung ini.

Saat ini Pulau Tidung selalu dipadat oleh para pengunjung yang datang dari Jakarta maupun luar Jakarta, bahkan dari luar negeri. Sebagian besar wisatawan tersebut adalah para backpacker.

Jika kita melihat dari segi popularitas, Pulau Tidung adalah obyek wisata yang terpopuler di kawasan Kepulauan Seribu, mengalahkan obyek wisata lainnya di sana seperti Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Pramuka. Demikian pula mengalahkan sejumlah pulau resort seperti Pulau Putri, Pulau Sepa, Pulau Ayer dan Pulau Bidadari , meskipun dari sisi fasilitas di Pulau Tidung tidak selengkap dan semewah di keempat pulau resort.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *