Menguak Tabir Raja Ampat

Kita akan menguak tabir Raja Ampat itu sebenarnya nama apa ya ? Sebab asosiasi yang mucul adalah banyak orang yang masih salah kira tentang Raja Ampat. Selama ini Raja Ampat di pahami sebagai salah satu obyek wisata, terdiri dari empat pulau bak batu timbul dimana kita bisa melakukan aktivitas menyelam, snorkeling, atau ‘’melompat’’ dari dari pulau-ke-pulau lain. Percayalah, asosiasi selama ini itu keliru. Yang benar adalah Raja Ampat merupakan nama kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat. Kalau anda lihat peta, posisinya ada di ‘kepala burung’ Pulau Papua, terdiri dari hamparan 1.846 pulau. Pulau – pulau tersebut sebagian kecil saja yang berpenghuni, lainya tidak alias perawan.Total luasan kawasan itu mencapai 4,5 juta hektar.

Secara geografis, menguak tabir Raja Ampat dimulai dengan historitas masyarakat membagi wilayah Kabupaten Raja Ampat jadi dua bagian. Yakni wilayah bagian utara dan bagian selatan. Di Pulau Raja Ampat bagian utara, ada satu pulau terbesar di kabupaten ini yaitu Pulau Waigeo. Nah, para pelancong mania, di pulau inilah ibu kota kabupaten Raja Ampat berada. Kotanya adalah Kota Waisai. Selain Waigeo, ada tiga pulau besar di Kabupaten Raja Ampat yakni Batanta, Salawati, dan Misool. Jadi kalau selama ini persepsinya hanya menunjuk pada satu lokasi saja, nyatanya itu keliru. Raja Ampat lebih kepada sistem administratif, namun lebih kesohor sebagai tempat wisata.

Dari gugusan pulau itu, hanya Pulau Misool yang berada di wiayah selatan Kabupaten Raja Ampat dimekarkan tahun 2003. Selain namanya mulai tersohor karena pemberitaan media dengan muncul muncul di layar gelas, biota lautnya luar biasa. Wilayah Wayag adalah daerah yang paling jauh, letaknya berada di ujung barat-laut batas kabupaten.Menurut penelitian yang menguak tabir Raja Ampat, setidaknya ada lebih dari 1.320 spesies ikan karang. Dan yang lebih menghernankan lagi lebih dari 540 koral keras (hard coral) di dunia ada di Raja Ampat. Sederhananya, Raja Ampat adalah tempat menyelam terkaya dan terindah di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *