Nilai Tukar Rupiah Menguat 1,1 Persen

Nilai Tukar Rupiah Menguat 1,1 Persen

Bank Indonesia (BI) melaporkan, nilai tukar rupiah bergerak menguat dan juga relatif stabil pada April 2017. Sepanjang kuartal I 2017, nilai tukar rupiah menguat 1, 1 % ke level Rp 13. 326 per dollar AS.

Nilai Tukar Rupiah Menguat 1,1 Persen

“Selama April 2017, Kurs BCA relatif stabil dan juga ditutup pada level Rp 13. 329 per dollar AS, ” kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Agus menerangkan, penguatan rupiah di dukung oleh masih tetap berlanjutnya aliran masuk modal asing. Ini searah dengan perbaikan outlook sovereign rating, data makro ekonomi yang positif, dan juga sentimen positif pada prospek ekonomi Indonesia.

Menurut Agus, sampai minggu lantas yaitu 12 Mei 2017, dana asing yang masuk ke Indonesia lebih kurang meraih Rp 105 triliun. Angka ini tambah lebih tinggi dibanding periode yang sama th. lantas yang meraih Rp 65 triliun.

Bank sentral juga memonitor besarnya aliran masuk ke pasar modal yang cukup besar. Mulai sejak awal th. sampai 12 Mei 2017 lantas, aliran dana masuk dengan cara kumulatif ke pasar saham meraih Rp 26, 4 triliun.

Diluar itu, dana asing yang masuk ke pasar surat bernilai negara (SBN) meraih Rp 71 triliun. Dengan hal tersebut, bisa diambil kesimpulan kalau ketertarikan dana asing yang masuk ke Indonesia cukup tinggi.

Agus menyebutkan, bank sentral membebaskan rupiah untuk bergerak dengan cara fundamental. Walau demikian, bank sentral bakal melindungi dan juga meyakinkan supaya nilai tukar rupiah mencerminkan fundamental ekonomi Indonesia.

” Ke depan, Bank Indonesia bakal tetaplah lakukan beberapa langkah stabilisasi untuk mendorong nilai tukar yang sesuai sama nilai fundamentalnya dengan tetaplah melindungi bekerjanya mekanisme pasar, ” tutur Agus kepada situs KursDollar.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *