Obat Kelenjar Getah Bening dengan Bawang Putih

Obat Kelenjar Getah Bening dengan Bawang Putih

Obat Kelenjar Getah Bening dengan Bawang Putih – Kelenjar getah bening merupakan gumpalan jaringan sebesar biji kacang yang di dalamnya berisi sel darah putih. Kelenjar getah bening ini adalah salah satu organ penting didalam tubuh. Karena kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia, yang dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dsb. Kelenjar getah bening akan mengalami pembengkakan untuk memberikan tanda bahwa tubuh telah mengalami infeksi. Setelah infeksi mereda, maka kelenjar getah bening akan kembali mengempis dengan sendirinya.

Obat Kelenjar Getah Bening dengan Bawang Putih

Infeksi bakteri atau virus yang sering menjadi faktor penyebab pembengkakan kelenjar getah bening terjadi. Beberapa contohnya seperti demam kelenjar, pilek, radang amandel, infeksi tenggorokan, infeksi gigi, infeksi kulit dan infeksi telinga. Kelenjar getah bening yang membengkak disebabkan oleh infeksi-infeksi tersebut biasanya disertai dengan rasa sakit. Selain itu terkadang juga penderitanya mengalami demam, nyeri tenggorokan dan juga batuk.

Pembengkakan kelenjar getah bening bisa juga disebabkan oleh kanker, dalam kasus ini biasanya pembengkakan yang terjadi terlihat tetap tidak mengempis selama beberapa minggu. Dan kemungkinan membesar secara perlahan. Selain itu juga kelenjar akan terasa keras ketika disentuh, tetapi tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya penderita juga akan mengalami penurunan berat badan dan sering berkeringat pada malam hari.

Jenis kanker yang dapat ditandai dengan membengkaknya kelenjar getah bening adalah limfoma non-hodgkin dan leukemia limpositik kronis. Kedua jenis kanker berikut ini merupakan jenis kanker yang menyerang sel darah putih. Namun pembengkakan kelenjar getah bening ini juga bisa terjadi disebabkan oleh jenis kanker lainnya yang kemungkinan tumbuh pada organ tubuh mana pun. Dan kemudian menyebar ke kelenjar getah bening tersebut.

Sebenarnya jika pembengkakan kelenjar getah bening terjadi disebabkan oleh infeksi ringan seperti misalnya pilek atau demam kelenjar. Maka kelenjar getah bening dapat sembuh dengan sendirinya, anda hanya akan diminta untuk beristirahat dan minum. Untuk meredakan rasa nyeri anda dapat mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit yang dapat dibeli dengan bebas di apotik seperti ibuprofen atau paracertamol.

Jika gejala yang terjadi lebih parah maka anda bisa memeriksakan nya ke dokter, pengobatan yang akan dilakukan biasanya akan disesuaikan tergantung keluhan yang diderita atau seberapa parah gejala yang dirasakan. Pengobatan kelenjar getah bening juga bisa dilakukan dengan cara alami seperti dengan memanfaatkan bawang putih.

Bawang putih merupakan salah satu rempah atau bumbu dapur yang sering digunakan sebagai penambah aroma dan citarasa terhadap masakan. Selain bermanfaat untuk bumbu masakan, bawang putih juga terkenal sebagai bahan alami yang mampu mengobati penyakit kelenjar getah bening. Hal ini disebabkan karena bawang putih memiliki sifat mikroba dan anti inflamasi yang mampu mengurangi pembengkakan kelenjar akibat terjadinya infeksi.

Itulah sedikit pengetahuan tentang kelenjar getah bening dan manfaat dari bawang putih, mengkonsumsi bawang putih untuk meredakan pembengkakan pada kelenjar merupakan cara yang efektif jika memang gejala yang terjadi tergolong pada gejala yang ringan.

Sumber : http://www.beritaharianmu.com/3-tanaman-herbal-obat-kanker-kelenjar-getah-bening/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *