Panduan Beli Motor Bekas (Second)

Panduan Beli Motor Bekas (Second)

Panduan Beli Motor Bekas (Second) – Membeli motor bekas itu memang tergolong gampang-gampang susah karena banyak pertimbangan yang harus anda perhatikan, karena jika kita asal-asalan dalam memilih atau membeli motor bekas itu sangat besar sekali resikonya, sehingga demi keamanan sebelum kita membeli motor sebainya lakukan beberapa hal di bawah ini.

Panduan Beli Motor Bekas (Second)
Panduan Beli Motor Bekas (Second)
  • Tentukan Motor yang Mempunyai nomor Plat Lokasi Provinsi yang sama juga dengan Alamat KTP Anda

Bila Kamu pilih motor bekas yang nomor platnya tetap dalam satu provinsi jadi Kamu akan tidak dikenai cost cabut berkas di masa datang bila menginginkan balik nama. Hal semacam ini berlainan bila motor yang Kamu beli berlainan lokasi provinsi dengan alamat KTP Kamu.

  • Janganlah lakukan Transfer (Down Payment) sebelumnya Kamu berjumpa segera dengan Pemiliknya dan meyakinkan keadaan Motor Sesungguhnya.

Beberapa orang mencari motor bekas lewat internet dengan mesin pencarian atau website jual beli beberapa barang second seperti olx. co. id. Saat Kamu lakukan pencarian lewat internet umumnya ada nomor telepon si penjual motor tercantum serta umumnya mereka minta dihubungi. Tetapi hati-hatilah bila kamu disuruh untuk transfer beberapa uang, umumnya disuruh 500rb – 1 juta. Umumnya mereka juga akan menghadirkan motor yang tampak masih tetap gress dengan harga yang terjangkau atau begitu murah hingga buat orang pemula ngebet menginginkan membelinya serta takut kedahuluan orang. Banyak argumen dikemukakan si penjual gadungan ini yang umumnya yaitu perlu dana cepat untuk berobat serta beda sebagainya. Kamu dianjurkan tidak mentransfer uang sepeserpun sebelumnya Kamu meyakinkan keadaan motor s/d kelengkapan surat-suratnya.

  • Buat Janji Selekasnya serta di Tempat tinggal Yang memiliki Motor

Sesudah Kamu memperoleh motor pilihan Kamu di Internet yang sesuai sama hasrat serta biaya Kamu selekasnya buat janji ketemuan untuk mengecek keadaan motor dirumah yang memiliki motor itu. Buat janji ketemu saat masih tetap ada sinar matahari hingga Kamu masih tetap bisa lihat keadaan motor dengan lebih terang (janganlah pada malam hari). Janganlah sangsi untuk selekasnya buat janji dengan yang memiliki motor itu karna makin Kamu menunda makin besar Kamu keduhuluan dengan orang yang lain. Kerjakan janji ketemuan dirumah yang memiliki/penjual motor, supaya bila ada yang tidak cocok dengan motor tersebut di masa datang, Kamu masih tetap bisa menghubungi si penjual motor.

  • Check Kelengkapan Surat Motor

Hal yang butuh Kamu cermati dalam lakukan pengecekan surat-surat motor yaitu : kelengkapan surat motor (BPKB, STNK, Faktur), keselarasan nomor mesin rangka serta mesin dengan yang tercantum di surat motor, th. pembuatan motor sesuai sama yang disebutkan penjual, dan pembayaran pajak paling akhir. Bila ada penunggakan pajak, butuh Kamu pikirkan juga berapakah cost yang perlu Kamu tanggung untuk menutupi tunggakan pajak tersebut di masa datang. Hal semacam ini dapat jadi pertimbangan negosiasi harga motor itu nanti.

  • Check Bodi Motor Dengan Keseluruhan

Yakinkan bodi motor masih tetap original serta belum juga dimodifikasi. Cermati juga bodi motor apakah terdapat banyak lecet-lecet atau goresan (bekas jatuh seperti bekas kecelakaan). Janganlah tertipu dengan adanya banyak stiker pada motor, karna dapat jadi itu untuk menutupi bekas goresan atau lecet pada motor. Cermati juga stang motor apakah masih tetap lurus atau telah bengkok. Terkecuali bodi sisi atas cermati keadaan ban motor, apakah masih tetap bagus atau telah botak. Keadaan ban telah botak bisa jadikan jadi argumen dalam negosiasi harga. Janganlah lupa juga untuk lakukan pengecekan dibagian knalpot apakah ada banyak karat atau tidak. Sesungguhnya keadaan knalpot berkarat ini umum berlangsung karena penggunaan. Tetapi bila keadaannya kronis, dapat jadi ini karena motor seringkali dibawa ke tempat berlumpur atau tempat yang percepat terjadinya karat (seperti air asin). Bila sangat mungkin check juga keadaan oli motor adakah kebocoran, kering, kotor atau tidak. Bila keadaan oli hingga kering atau kotor jadi ada peluang ada kebocoran atau si yang memiliki kurang menjaga motor hingga Kamu juga akan butuh lakukan banyak perbaikan di masa datang sesudah beli motor itu.

  • Janganlah gampang Yakin dengan Angka Speedometer yang Kecil

Umumnya makin kecil angka speedometer tunjukkan kalau motor yang menginginkan Kamu beli itu tidak sering dipakai hingga semestinya keadaannya juga akan makin baik. Hal semacam ini benar bila tidak dikerjakan kecurangan pada speedometer dan motor tetaplah dirawat sepanjang tidak sering digunakan, minimum tetaplah dinyalakan dalam selang sekian hari untuk pemanasan mesin dan oli mesin tidaklah sampai kering. Bila angka speedometer yang kecil tidak cocok dengan keadaan motor dapat jadi speedometer sudah dimanipulasi serta baiknya batalkan kemauan Kamu untuk ambil motor itu.

  • Check Panel serta kelistrikan Motor

Check apakah speedometer, meteran bensin, saklar lampu berperan dengan baik. Yakinkan motor bisa dinyalakan dengan stater ataupun dengan engkol. Yakinkan juga klakson serta lampu motor (depan, belakang, sein) bisa berperan dengan baik.

  • Minta Penjual Motor Supaya Motor bisa Ditest Terutama dulu

Minta pada penjual untuk lakukan eksperimen motor terlebih dulu. Saat mesin dinyalakan cermati nada mesin adakah bebrapa nada yang mengganggu (berdengung serta kasar) saat mesin dinyalakan atau tidak. Bila nada berdengung atau kasar dapat jadi itu tandanya ada sisi CVT yang butuh diservis. Cobalah kendarai motor hingga ke tempat pom bensin paling dekat dengan argumen Kamu juga akan mengisikan bensinnya hingga yang memiliki motor juga akan dengan suka hati mengizinkan Kamu coba motor yang juga akan Kamu beli. Terkecuali mesin, cermati juga suspensi apakah masih tetap nyaman atau tidak cocok dengan umur motor. Motor yang masih tetap baik suspensinya umumnya masih tetap nyaman saat dikendarai serta bisa meredam getaran walau mungkin saja tidak senyaman saat motor itu masih tetap baru pertamakali dipakai.

  • Harga dari motor tersebut.

Setelah mengecek semua hal di atas barulah kamu tentukan harga motor yang akan kamu beli, karena dengan kita melihat hal di atas kita bisa langsung menebak harga dari motor tersebut dan selain itu dengan kita mengetahui kondisi motor tersebut kita bisa melihat keberanian harga yang akan kita tawarkan.

Sekianlah sebagian panduan dalam pilih motor bekas (second) terutama untuk motor matic. Mudah-mudahan bebrapa point diatas bisa jadi pertimbangan Kamu dalam beli motor bekas nanti hingga Kamu bisa terlepas dari tingkah beberapa penipu serta bisa beli motor sesuai sama keinginan serta perkiraan biaya Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *